-->

Penyebab Dibubarkannya VOC

Pada tahun 1799, VOC dibubarkan oleh belanda. Hal-hal yang menyebabkan dibubarkannya VOC  antara lain :

a.  Rendahnya gaji yang diberikan kepada pegawai-pegawai VOC menyebabkan mereka berbuat curang atau korupsi. Salah satu bentuk kecurangan VOC adalah dengan melakukan pemerasan terhadap bangsa Cina pada waktu mereka memerlukan surat-surat tanda memiliki tempat tinggal di Batavia.
b.  Banyaknya saingan yang harus dihadapi oleh VOC  dalam perdagangannya di Asia, misalnya dari bangsa Perancis yang memiliki perusahaan Compagnie des Indes dan lebih-lebi dari bangsa Iinggris dengan East Indian Company.
c.    Sesuai dengan octroii, para pemegang saham berhak mendapatkan divident atau pembagian keuntungan. Waktu VOC mulai merugi, divedent tetap diberikan, dengan tujuan agar para pemegang saham tidak menarik modalnya, sebab bila banyak yang menarik modalnya, maka VOC akan bangkrut. Pembagian divident dalam keadaan rugi, menyebabkan VOC memiliki banyak utang.
d. VOC banyak mengeluarkan biaya untuk peperangan, baik berebut monopoli perdagangan maupun memperluas wilayah jajahan. Contoh yang paling nyata adalah cara VOC campur tangan dalam perang perebutan mahkota di Mataram.


Perubahan politik yang terjadi di negeri Belanda, akibat Revolusi Perancis. Belanda menjadi Republik Bataaf, setelah Raja Belanda Willem V digulingkan dari tahta lalu menyingkir ke Inggris (1795). Republik Bataaf yang demokratis dan liberal itu menganggap monopoli dagang VOC bertentangan dengan semangat waktu itu yang berpandangan bahwa perdagangan harus dilakukan secara bebas, sehingga VOC perlu dibubarkan.





3 comments: