-->

Niat Shalat Jum'at Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Shalat jum'at adalah shalat yang dilaksanakan pada hari jum'at sebagai pengganti shalat dzuhur secara berjamaan dengan minimal 40 jama'ah. Adapun hukum melaksanakan shalat jum'at merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki yang sudah baligh dan berakal, sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur'an dan Al-Hadits.

 "Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui" (Al Jumu'ah 62:9).

Adapun untuk bacaan niat sholat jum'at dalam bahasa arab & latin adalah sebagai berikut :

ﺍُﺻَﻠِّﻲْ ﻓَﺮْﺽَ ﺍﻟﺠُﻤْﻌَﺔِ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَ ﺍْﻟﻘِﺒْﻠَﺔِ ﺍَﺩَﺍﺀً ﻣَﺎْﻣُﻮْﻣًﺎ ﻟِﻠَّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
"Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala".

 Artinya : Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta'ala.

Bacaan niat sholat jum'at diatas adalah khusus untuk yang menjadi makmum. Adapun jika Anda menjadi imam, maka bacaan ma'muuman diganti menjadi imaaman.

Lafadz niat sholat jum'at sebagai imam selengkapnya adalah sebagai berikut:

ﺍُﺻَﻠِّﻲْ ﻓَﺮْﺽَ ﺍﻟﺠُﻤْﻌَﺔِ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَ ﺍْﻟﻘِﺒْﻠَﺔِ ﺍَﺩَﺍﺀً ﺍِﻣَﺎﻣًﺎ ﻟِﻠَّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
"Usholli fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta'aala".

 Artinya : Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini menjadi imam, karena Allah ta'ala.

Tag: Niat shalat jumat, bacaan niat shalat Jumat, Niat sholat Jumat, Niat shalat Jumat menjadi imam, niat shalat Jumat menjadi makmum, Sholat Jumat.

No comments:

Post a Comment