-->

Belajar Desain Grafis

Teori Singkat Tentang Hardware


     Hardware biasa disebut dengan perangkat keras atau sebuah alat / benda yang bisa kita lihat dan sentuh, yang memiliki fungsi tertentu. Hardware merupakan komponen-komponen peralatan yang saling berkaitan dan berhubungan, yang kemudian bergabung menjadi sebuah kesatuan yang membentuk sistem komputer. Hardware terdiri dari unit input, unit procces, unit output, dan simpanan luar (external storage).


Teori Singkat Tentang Software


     Software biasa disebut dengan perangkat lunak. Software atau perangkat lunak tidak dapat dilihat dan disentuh secara fisik. Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.
    Melalui software atau perangkat lunak ini suatu komputer dapat beroperasi. Software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya dalam serangkaian instruksi atau program atau prosedur berupa kumpulan data-data yang diberikan pada komputer untuk dapat menghasilkan informasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Berikut beberapa software untuk mendesain :

1. Adobe Photoshop
     Pengertian Adobe Photoshop adalah software yang dibuat oleh perusahaan Adobe System yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar serta efek yang banyak digunakan para disainer grafis diseluruh dunia yang merupakan perangkat lunak aplikasi untuk mengolah data gambar dan grafis untuk kebutuhan printing dan desain grafis.
     Dengan tampilan Adobe photoshop yang mudah dipahami, kelengkapan fasilitas yang ditawarkan, kemudahan cara penggunaan, serta kemudahan memperoleh fasilitas pendukung dari berbagai macam sumber menjadikan Adobe photoshop sebagai  software paling handal bagi desainer grafis.
     Adobe photoshop juga merupakan salah satu software yang berguna untuk mengolah gambar yang berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan efek yang lengkap sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkualitas tinggi, serta berfungsi sebagai Image editor atau editor gambar yang dibagi menjadi 2 yaitu :
 a)    Paint Program
        Menghasilkan gambar dalam format bitmap atau raster diukur berdasarkan satuan pixel.
        Contohnya Adobe photoshop dan Macromedia Fireworks.
b)    Draw Program
       Menghasilkan gambar dalam format vector.
       Contohnya Adobe Illustrator dan Macromedia FreeHand.


2. CorelDraw
        Software CorelDraw merupakan software aplikasi desain yang dibuat oleh perusahaan Corel Corporation. Software  aplikasi desain ini dibuat oleh Michel Boullon dan Pat Baierne pada tahun 1987 - 1989. Coreldraw sendiri mampu berjalan pada sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS. Meski dalam perkembanganya CorelDraw pada versi Linux dan Mac OS dihentikan.
        Software CorelDraw adalah salah satu software desain grafis yang sangat popular dan banyak digunakan oleh para desainer untuk mendesain logo-logo perusahaan, kaos, spanduk, brosur, iklan, dll. Dimana software ini berbasiskan sistem vector, dan biasanya dipakai dalam suatu pembuatan objek (making image). Vector adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk, garis, dan bagian-bagain lain yang saling berhubungan dalam sebuah gambar.
       Jadi orentasi CorelDraw ini sebenarnya ditujukan dalam pembuatan suatu proses desain yang menghasilkan sesuatu dari nol. Misalnya dalam pembuatan logo, desain pakaian, spanduk, kartu nama dan lain-lain. Kelebihan CorelDraw terletak pada tool yang lebih bersifat freehand dan CorelDraw juga mampu untuk mengimpor atau ekspor file menjadi file .jpg, .bmp, Ai-Adobe illutrator, file .PSD Photoshop dan lainnya.

Berikut adalah beberapa alat bantu yang ada didalam CorelDraw :
a) Ruler
           Berfungsi untuk mengatur jarak dalam membuat desain dengan ukuran yang tepat pada bidang kerja
kita, dimana ruler ini berupa mistar vertical dan horizontal.

b) Guideline
          Berguna untuk memberikan tanda / batas pada bidang kerja kita. Untuk menampilkan guideline ini,  terlebih dahulu kita harus mengeluarkan ruler kemudian untuk menarik guideline ini, kita tinggal klik dan drag dari ruler tersebut kearah bidang kerja kita. Untuk mengatur guideline ini lebih lanjut dapat kita lakukan dengan double klik pada salah satu guideline tersebut. Untuk membuang guideline kita hanya perlu memilih guideline dan menghapusnya dengan menekan tombol delete pada keyboard.

c) Grid
      Berguna untuk menampilkan garis kotak pada bidang kerja kita, dimana grid ini berupa garis-garis vertical dan horizontal yang mempunyai jarak tertentu.

d) Snap to guideline
      Berguna untuk membuat mouse atau objek kita mempunyai daya tarik pada guideline yang ada pada biadang kerja. Untuk mengaktifkan snap to guideline ini dapat kita lakukan melalui menu edit-snap to guideline, atau dengan simbol pada property bar yang ada pada bagian sebelah kanan.

e) Snap to grid
      Berguna untuk membuat mouse kita atau objek kita mempunyai daya tarik pada guideline yang ada pada bidang kerja. Untuk mengaktifkan snap to guideline ini dapat kita lakukan melalui menu edit-snap to grid, atau dengan simbol pada property bar yang ada pada bagian sebelah kanan.

f) Snap to object
     Berguna untuk membuat mouse kita atau objek-objek kita mempunyai daya tarik pada guideline yang ada pada bidang kerja. Dimana daya tarik tersebut berada pada sembilan titik acuan yang ada pada setiap objek, atau jika pada sebuah kurva terbuka daya tarik itu ada pada titik kontrol. Untuk mengaktifkan snap to guideline ini dapat kita lakukan melalui menu edit-snap to object, atau dengan simbol pada property bar yang ada pada bagian sebelah kanan.



No comments:

Post a Comment