-->

Pengolongan Pasar di Indonesia

Pada dasarnya pasar dibagi dalam beberapa golongan yaitu sebagai berikut :

1. Berdasarkan Wujudnya

    Menurut wujudnya pasar dibedakan menjadi pasar konkret dan pasar abstrak
Pasar Konkret (pasar nyata) merupakan pasar yang menunjukkan suatu tempat terjadinya hubungan secar langsung (tatap muka) antara pembeli dan penjual. Barang yang diperjualbelikan pun berada di tempat tersebut. Misalnya pasar-pasar tradisional dan swalayan
Pasar Abstrak (tidak nyata) merupakan pasar yang menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung, barangnya tidak secara langsung dapat diperoleh pembeli. Misalnya, pasar modal di Bursa Efek Indonesia.

2. Berdasarkan Waktu Terjadinya

    Menurut waktu terjadinya pasar dibedakan menjadi pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, pasar tahunan, dan pasar temporer.
Pasar Harian merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap hari. Misalnya pasar pagi, toserba, dan warung-warung
    Pasar mingguan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu minggu sekali. Misalnya pasar senin atau pasar minggu yang ada di daerah pedesaan
Pasar bulanan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu bulan sekali. Dalam aktivitasnya bisa satu hari atau lebih. Misalnya, pasar yang biasa terjadi di depan kantor-kantor tempat pensiunan atau purnawirawan yang mengambil uang tunjangan pensiunannya tiap awal bulan.
Pasar tahunan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu tahun sekali. Kejadian pasar ini biasanya lebih dari satu hari, bahkan bisa mencapai lebih dari satu bulan. Misalnya Pekan Raya Jakarta, pasar malam, dan pameran pembangunan.
     Pasar temporer merupakan pasar yang dapat terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tentu (tidak rutin) pasar ini biasanya terjadi pada peristiwa tertentu. Misalnya pasar murah, bazar, dan pasar karena ada perayaan kemerdekaan RI.

3. Berdasarkan Luas Jangkauannya

Menurut luas jangkauannya pasar dibedakan menjadi pasar lokal, pasar nasional, dan pasar internasional.
Pasar lokal merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah tertentu saja.
Pasar nasional merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah dalam suatu negara. Misalnya, pasar kayu putih di Ambon dan pasar tembakau di Deli. Pasar internasional penjual dan pembeli dari berbagai negara. Misalnya pasar tembakau di Bremen Jerman.

4. Berdasarkan Hubungannya Dengan Proses Produksi

Menurut hubungannya dengan proses produksi pasar dibedakan menjadi pasar output dan pasar input.
Pasar output (pasar produk) merupakan pasar yang memperjualbelikan barang-barang hasil produksi (biasanya dalam bentuk jadi).
Pasar input (pasar faktor produksi) merupakan interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap barang dan jasa sebagai masukan pada suatu proses produksi (sumber daya alam, berupa bahan tambang, hasil pertanian, tanah, tenaga kerja, dan barang modal).

5. Berdasarkan Strukturnya (Jumlah Penjual Dan Pembeli)

Berdasarkan strukturnya, pasar dibedakan menjadi sebagai berikut.
Pasar persaingan sempurna merupakan ebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.

b. Pasar persaingan tidak sempurna, yang terdiri atas
1). Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau —lebih buruk lagi— mencarinya di pasar gelap (black market).

2) Pasar oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.

Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.

Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga diantara pelaku usaha yang melakukan praktek oligopoli menjadi tidak ada.

Struktur pasar oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki capital intensive yang tinggi, seperti, industri semen, industri mobil, dan industri kertas.

3) Pasar persaingan monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. Contohnya adalah : shampoo, pasta gigi, dll. Meskipun fungsi semua shampoo sama yakni untuk membersihkan rambut, tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen yang berbeda memiliki ciri khusus, misalnya perbedaan aroma, perbedaan warna, kemasan, dan lain-lain.

Pada pasar monopolistik, produsen memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga walaupun pengaruhnya tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli. Kemampuan ini berasal dari sifat barang yang dihasilkan. Karena perbedaan dan ciri khas dari suatu barang, konsumen tidak akan mudah berpindah ke merek lain, dan tetap memilih merek tersebut walau produsen menaikkan harga. Misalnya, pasar sepeda motor di Indonesia. Produk sepeda motor memang cenderung bersifat homogen, tetapi masing-masing memiliki ciri khusus sendiri. Sebut saja sepeda motor Honda, di mana ciri khususnya adalah irit bahan bakar. Sedangkan Yamaha memiliki keunggulan pada mesin yang stabil dan jarang rusak. Akibatnya tiap-tiap merek mempunyai pelanggan setia masing-masing.

Pada pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah faktor yang bisa mendongkrak penjualan. Bagaimana kemampuan perusahaan menciptakan citra yang baik di dalam benak masyarakat, sehingga membuat mereka mau membeli produk tersebut meskipun dengan harga mahal akan sangat berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Oleh karenanya, perusahaan yang berada dalam pasar monopolistik harus aktif mempromosikan produk sekaligus menjaga citra perusahaannya.

4) Pasar monopsoni bentuk pasar ini merupakan bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan.

Contoh yang ada di Indonesia seperti PT. Kereta Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api.


5) Pasar ologopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen. Contoh Telkom, indosat, Mobile-8, excelcomindo adalah beberapa perusahaan pembeli infrastruktur telekomunikasi seluler.

Kebaikan pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:
Pada pasar persaingan sempurna tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpenjualan. Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen. Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya
tanpa mengalami penurunan harga.Tidak mungkin mengubah bentuk barang untuk merebut pasar karena adanya homogenitas barang.Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa karena jumlah saingan sangat tidak terbatas. Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapa pun.

Kelemahan pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:

1. Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai, sebab:
homogenitas barang sulit dilaksanakan sebab konsumen lebih sering datang ke pasar yang heterogen (banyak pilihan alternatif); harga tidak dapat ditawar-tawar lagi. Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan informasi menyebabkan kemajuan dalam kualitas dan kuantitas serta jenis yang memaksa adanya persaingan produk antarprodusen. Keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang sudah dapat diprediksi sejak awal karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh pedagang. Pasar gelap (black market) dapat muncul sewaktu-waktu.

Kelebihan pasar monopoli adalah sebagai berikut.
- Keuntungan penjual cukup tinggi.
- Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya diatur pemerintah.


 Kelemahan pasar monopoli adalah sebagai berikut.
- Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
- Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan
- Terjadi eksploitasi pembeli.


KELEBIHAN PASAR OLIGOPOLI
- Terdapat sedikit pemjual karena memerlukan investasi besar
- Penjual sedikit sehingga dapat mengendalikan harga
- Bila terjadi persaingan harga, konsumen diuntungkan


KELEMAHAN PASAR OLIGOPOLI
- Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk kepasar oligopoli kerena investasi tinggi
- Akan terjadi perang harga
- Produsen bisa kerjasama ( Kartel )


Kelebihan pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut:
- Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna
- Produsen terpacu untuk berkreativitas.
- Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini.


Kelemahan pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut.
- Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik karena untuk masuk pangsa pasar tertentu dibutuhkan riset dan pengembangan produk.
- Persaingan sangat berat karena pasar biasanya didominasi oleh produk-produk yang telah ternama.
Baca SelengkapnyaPengolongan Pasar di Indonesia

cara memperbesar atau memperkecil layar pada mozilla Firefox

cara memperbesar atau memperkecil layar pada mozilla

Bingung halaman Mozilla Firefox jadi besar banget atau kecil banget?? 
 Ada kalanya kita menemukan sebuah halaman situs yang font-nya terlalu kecil sehingga agak kurang nyaman untuk dibaca, juga terlalu besar sehingga kurang simpel untuk dilihat karena terus menggeser mouse ke kanan/kiri, nah.. jika kalian menggunakan Mozilla Firefox kalian bisa men-zoom halaman situs tersebut sehingga tampilannya menjadi seperti yang anda inginkan.

Untuk men-zoom-in atau memperbesar halaman situs di Mozilla Firefox kalian bisa melakukannya dengan cara menekan tombol CTRL dan + secara bersamaan di keyboard kalian, 

untuk men-zoom-out atau memperkecil tekan tombol CTRL dan – secara bersamaan di keyboard kalian

sedangkan untuk me-reset atau mengembalikannya ke ukuran aslinya kalian bisa melakukannya dengan cara menekan tombol CTRL + 0 secara bersamaan di keyboard kalian.




_Semoga bermanfaat_
Baca Selengkapnyacara memperbesar atau memperkecil layar pada mozilla Firefox

Cara Daftar CPNS 2014 Panselnas

Pendaftaran CPNS tahun 2014 telah dibuka dan  situs pendaftaran bisa di lihat pada link berikut di www.panselnas.menpan.go.id dan www.sscn.bkn.go.id


Berikut tata cara pendaftaran CPNS 2014 pada situs Panselnas

1. Buka situs Pendaftaran CPNS 2014 www.panselnas.menpan.go.id


2. Arahkan crusor ke menu Formasi CPNS 2014 (akan keluar submenu Formulir Pendaftaran ) atau klik Menu Formasi CPNS 2014 dan pilih instansi yang ingin anda lamar

 

3. Lihat pada bagian bawah halaman dan klik Formulir Registrasi


4. Isi data NIK KTP anda Nama, Email valid anda, Password dan Instansi yang ingin anda lamar ( ini adalah link registrasi untuk mendapatkan username dan password untuk login di sscn.bkn.go.id )


 

5. Buka alamat Email anda dan anda akan mendapatkan pesan masuk dari email panselnas, yang merupakan username dan password yang anda daftarkan tadi.

6. Buka situs www.sscn.bkn.go.id untuk login selanjutnya.

NB : login di sscn.bkn.go.id biasanya tunggu 1x24 jam baru bisa login.



Demikianlah tata cara pendaftaran CPNS 2014 semoga bermanfaat untuk kita semua.
Informasi ter-Update bisa follows Twitter @panselnas



Baca SelengkapnyaCara Daftar CPNS 2014 Panselnas

Pengertian Cerpen ( Cerita Pendek )

Pengertian cerpen atau cerita pendek adalah sebuah karangan yang menceritakan tentang suatu alur cerita yang memiliki tokoh cerita dan situasi cerita terbatas. Sebuah cerpen biasanya akan langsung mengarah ke topik utama cerita karena memang alur ceritanya cuma sekali dan langsung tamat. 

Menurut Edgar Allan Poe, Jassin (1961:72) cerpen adalah sebuah cerita yang selesai dibaca dalam sekaliduduk, kira-kira berkisar antara setengah sampai dua jam. Sebuah cerpen merupakan prosa fiksi dengan jumlah kata berkisar antara 750-10.000kata. 

Cerpen dapat terbentuk karena adanya unsur-unsur intrinsik cerpen, unsur intrinsik tersebut antara lain adalah : 
a. Tema, yakni ide pokok menjadi basic pengembangan cerita pendek. Tema satu cerita mensegala masalah, baik itu berbentuk problem kemanusiaan, kekuasaan, kasih sayang, kecemburuan dan seterusnya. Untuk tahu tema satu cerita, dibutuhkan apresiasi menyeluruh pada beragam unsur karangan itu. Mungkin temanya itu dititipkan pada unsur penokohan, alur, maupun pada latar. 
b. Plot atau alur, yakni rangkaian momen yang direka serta dijalin dengan seksama hingga menggerakkan jalur cerita melewati perjumpaan klimaks serta penyelesaian. 
 c. Penokohan serta perwatakan yakni cerita pengarang menggambarkan serta mengembangkan watak beberapa pelaku yang ada didalam karyanya.
d. Setting atau latar yakni area serta waktu berlangsungnya cerita. Latar ini bermanfaat untuk memperkuat tema, menuntun watak tokoh, serta membangun situasi cerita. Latar terdiri atas latar area, waktu serta sosial. 
e. Sudut pandang yakni posisi pengarang saat membawakan cerita.
f. Amanat, yakni pesan yang ingin disampaikan pengarang melewati karyanya pada pembaca atau pendengar. Pesan dapat berbentuk harapan, anjuran, kritik dan seterusnya. 


Adapun didalam menuliskan sebuah cerpen ada beberapa teknik yang dapat diterapkan yakni: 

1. Paragraf pertama yang mengesankanParagraf pertama adalah kunci pembuka. Cerita pendek adalah karangan pendek, paragraph pertama bisa segera masuk pada pokok masalah, serta bukannya melantur pada perihal yang klise terlebih apabila lantas terkesan menggurui. Perihal tersebut pastinya cuma menyebabkan kebosanan serta rasa apatis untuk pembacanya. 

2. Menggali suasanaMelukiskan satu latar terkadang membutuhkan detil yang agak apik serta kreatif. Penggambaran situasi yang biasa-biasa serta telah dikenal umum tak lagi menarik untuk pembaca. Bila akan melukiskan situasi kota jakarta dengan gedung-gedung yang tinggi, kesemerawutan jalan raya, serta keramain kotanya, penggambaran itu tidaklah menarik dikarenakan penggambaran tersebut bukan hanya adalah perihal yang baru. Walau demikian, apabila melukiskan situasi kota jakarta kaitkannya pada situasi hati tokoh ceritanyapenggambaran itu lebih menyentuh pembacanya. 

 3. Menggunakan kata-kata efektif Kata-kata efisien yaitu kata-kata yang segera berikan kesan pada pembacanya. Gunakan kata-kata efisien, pembacadiinginkan bisa lebih mudah menangkap maksuddari tiap-tiap sisi cerita sampai tamat. Tak hanya menggunakan kata-kata efisien pengarang juga dituntut untuk mempunyai kekayaan kosakata serta style bhs supaya cerita yang dibuatnya bisa mengalir dengan lancer serta tidak kering dan menjemukan. 

4. Menggerakkan tokoh ( ciri-ciri ) didalam cerita senantiasa ada tokoh. Tokoh-tokoh yang ada selalu bergerak dengan fisik atau psikis sampai terlukis kehidupan yang sama juga dengan kehidupan sehari-hari. 

5. Konsentrasi cerita didalam cerita pendek, semua wujud mesti fokus pada satu masalah pokok. 

6. Sentakan akhir Cerita mesti diakhiri jika masalah telah dikira selesai. Kecenderungan cerita-cerita mutkhir yaitu sentakan akhir yang bikin pembaca ternganga serta penasaran. Yang jelas, teks cerita pendek telah berakhir sebagaimana dikehendaki pengarangnya - Pengertian Cerpen Serta Unsur- Unsurnya - PengertianCiri dan UnsurCerpen 



Tag : Cerita Pendek, Cerpen, Pengertian Cerpen atau Cerita Pendek, Cerpen Bahasa Indonesia, cerita pendek bahasa indonesia, Pelajaran Bahasa Indonesia.
Sumber :http://www.sisilain.net/2012/01/pengertian-cerpen-pengertian-cerpen.html 
                http://www.gosipartis.net/pengertian-cerpen-dan-unsur-unsurnya/
Baca SelengkapnyaPengertian Cerpen ( Cerita Pendek )

Cara daftar blog di Mywapblog untuk pemula

Cara daftar blog di Mywapblog untuk pemula sesuai dengan judulnya, di sini yang mbah bahas adalah tentang Mywapblog, jika anda menggunakan hp mbah hanya mau menyarankan ada baiknya kita menggunakan aplikasi Uc- browser atau bisa juga Operamini 4.3 ke atas, biar nanti kita akan lebih mudah membaca kode security saat di akhir kita mendaftar blog.



※ Langsung saja Daftar disini www.mywapblog.com



※ Username --- isi nama blog yang nantinya akan jadi login ke Mywapblog anda.



※ Change domain --- pilih domain blog anda.



※ Password --- nantinya akan jadi password login Mywapblog anda



※ Re-type password --- ketik ulang

password yang anda buat tadi



※ Your name --- isi nama anda



※ Your email --- isi alamat email anda



※ Security --- harus di isi dengan benar



※ Klik Register



Jika sukses mendaftar anda akan di bawa langsung ke Dashboard dan anda akan di minta untuk Verifikasi blog yang anda buat tadi, jadi anda buka your email yang anda daftar tadi, ikuti saja dan anda telah berhasil membuat blog sendiri.



#Finish

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat

- cara daftar mywapblog via opera mini
- tutorial daftar blog di mywapblog. com
- langkah-langkah mendaftar di mywapblog

Baca SelengkapnyaCara daftar blog di Mywapblog untuk pemula